Monitoring E-Purchasing

BPBJ.MAGETAN.GO.ID – Dalam rangka menyukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi, diperoleh data produk tayang per 22 September 2022 pada E-Katalog sejumlah 2489 produk dengan nilai realisasi transaski sebesar Rp. 1.024.977.670.

Sehubungan dengan hal tersebut, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa melaksanakan kegiatan monitoring pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa melalui metode e-Purchasing pada OPD yang belum melaksanakan transaksi . Tercatat ada 14 OPD yang belum melaksanakan e-Purchasing yaitu Kecamatan Takeran. Kcamatan Kawedanan, Kecamatan Barat, Kecamatan Krangrejo, Kecamatan Plaosan, Kecamatan Sidorejo, Dinas Arpus, Kecamatan Nguntoronadi, Kecamatan Ngariboyo, Kecamatan Parang, BPBD, Kecamatan Panekan, DPRD, dan Bakesbangpol.

Kegiatan Monitoring dilakasanakan selama tiga hari mulai tanggal 3 Oktober 2022 s.d. 5 Oktober 2022 dengan menerjunkan Tim E-Katalog Lokal Kabupaten Magetan. Berdasarkan hasil monitoring, dapat disimpulkan bahwa kendala yang dialami OPD adalah penyedia belum masuk pada E-Katalog. Yuli Astuti, S.E selaku Kasubbag Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa menyarankan agar OPD tidak terpacu pada penyedia yang belum masuk pada E-Katalog, OPD dapat memilih penyedia lain yang sudah terdaftar pada E-Katalog Lokal Kabupaten Magetan. Selain itu, Wisnu Ruslanto selaku Kasubbag Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik menghimbau agar penyedia yang belum masuk pada E-Katalog untuk melakukan pendaftaran pada LPSE Kabupaten Magetan atau Dinas Perindustrian Kabupaten Magetan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *